December 20, 2014

Metode Pembelajaran Kooperatif STAD dan NHT

Metode Pembelajaran Kooperatif - Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan karena pendidikan merupakan pondasi bagi kemajuan suatu bangsa. Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu kemajuan bangsa.

Pendidikan yang berkembang akan dapat menghasilkan generasi yang berkualitas dalam pengembangan kemajuan kehidupan bangsa. Untuk itu upaya peningkatan mutu di bidang pendidikan terus dikembangkan, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui berbagai program dan kegiatan. Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan adalah dengan menciptakan kurikulum yang berorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan nasional. Kurikulum yang saat ini berlaku adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/daerah, karakteristik sekolah/daerah, sosial budaya, masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik (Mulyasa, 2007:8).

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru harus mampu bekerja mandiri untuk memperbaiki kualitas dalam pembelajaran. Kurikulum yang saat ini sedang diterapkan dan dikembangkan oleh pemerintah adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai pengembangan dari kurikulum 2004. Prinsip yang digunakan dalam pengembangan KTSP adalah berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya. Dalam hal ini seorang guru dituntut kreatif dalam memilih serta mengembangkan materi pembelajaran, salah satunya adalah materi pada pembelajaran kimia (Suharsimi Arikunto, 2006:2)

Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran kooperatif, yaitu metode pembelajaran yang lebih menekankan kepada proses kerjasama dalam kelompok. Dalam kelas kooperatif, para siswa diharapkan dapat saling membantu, saling mendiskusikan dan berargumentasi untuk mengasah pengetahuan yang mereka kuasai saat itu dan menutup kesenjangan dalam pemahaman masing-masing. Siswa-siswa dalam kelompok kooperatif akan belajar satu sama lain untuk memastikan bahwa tiap orang dalam kelompok tersebut telah menguasai konsep-konsep yang telah dipikirkan (Slavin, 2008:4).

Metode Student Team Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) merupakan pembelajaran kooperatif dengan pengelompokkan siswa yang heterogen dengan tujuan agar siswa dalam satu kelompok dapat saling membantu. Siswa dengan kemampuan lebih akan membantu siswa lain dalam kelompoknya dan memastikan bahwa semua anggota kelompok memahami materi yang disampaikan guru sehingga terbentuk kerjasama tim yang baik. Perbedaan yang mendasar dari metode Student Team Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) terletak pada tanggung jawab dalam menyampaikan hasil diskusi kelompok. Penyampaian hasil diskusi metode Student Team Achievement Division (STAD) dilakukan oleh semua anggota kelompok, sedangkan metode Numbered Heads Together (NHT) penyampaian hasil diskusi dilakukan salah seorang siswa dalam kelompok yang nomornya ditunjuk guru sehingga tiap siswa dalam kelompok mempunyai tanggung jawab cukup besar agar kelompoknya menjadi terbaik.

Incoming search terms:

Speak Your Mind

*

Current ye@r *