October 2, 2014

Teknik Pengumpulan Data Tesis Hukum

Teknik Pengumpulan Data Tesis Hukum – Teknik pengumpulan data yang dimaksudkan untuk memperoleh data dalam penelitian yang mendukung dan berkaitan dengan masalah yang akan dipaparkan dalam penelitian hukum ini meliputi :

  1. Studi kepustakaan (library research)
    Merupakan teknik pengumpulan data dengan mempelajari, membaca, dan mencatat buku-buku, dokumen, literatur, makalah, serta peraturan perundang-undangan atau keputusan yang erat kaitannya dengan pokok masalah yang dipergunakan untuk menyusun penulisan hukum.
  2. Studi lapangan (field research)
    Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan ditempat yang menjadi obyek penelitian. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data-datanya dengan cara wawancara (interview) yaitu suatu proses tanya jawab lisan dalam mana dua orang atau lebih berhadap-hadapan secara fisik, yang satu dapat melihat muka yang satunya dan mendengar dengan telinganya sendiri. Interview ini dilakukan oleh penulis secara terbuka dengan memberikan pertanyaan secara langsung kepada pihak yang di percaya oleh penulis.
  3. Kuesioner
    Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan data cara untuk mendapatkan informasi dengan memberikan pertanyaan kepada responden mengenai masalah yang diteliti tanpa bertatap muka antara penanya dengan responden.

Speak Your Mind

*

Current ye@r *