October 1, 2014

Tinjauan Mata Diklat Produktif

Pengertian Mata Diklat Produktif

Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh – kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Oleh sebab itu, kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja.

Dalam Bimtek (2008) dijelaskan bahwa: Di dalam penyusunan struktur kurikulum SMK, mata pelajaran dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok program normatif, adaptif, dan program produktif. Kelompok program normatif adalah mata pelajaran yang dialokasikan secara tetap yang meliputi Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan Seni Budaya. Kelompok program adaptif terdiri atas mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, dan Kewirausahaan.

Kelompok program produktif terdiri atas sejumlah mata pelajaran yang dikelompokkan dalam Dasar Kompetensi Kejuruan dan Kompetensi Kejuruan. Kelompok program adaptif dan produktif adalah mata pelajaran yang alokasi waktunya disesuaikan dengan kebutuhan Kompetensi Keahlian, dan dapat diselenggarakan dalam blok waktu atau alternatif lain

 

Kelompok Mata Diklat Produktif kelas XI Program Keahlian

Administrasi Perkantoran terdiri dari beberapa kompetensi yaitu mengelola dana kas kecil, menangani surat/dokumen, kantor, membuat dokumen/stenografi, mengoperasikan aplikasi perangkat lunak, dan KKPI. Mata Diklat Produktif berfungsi membekali peserta didik agar memiliki kompetensi standar atau kemampuan produktif pada suatu pekerjaan/keahlian tertentu yang relevan dengan tuntutan dan permintaan pasar kerja. Jadi dalam mata diklat produktif, siswa diharapkan mampu untuk menguasai teori bahkan praktik bila diperlukan. Nilai mata diklat produktif sangat menentukan bagi siswa untuk langsung terjun dalam dunia usaha maupun dunia industri. Karena nilai mata diklat produktif menunjukkan penguasaan materi maupun teori kejuruan yang di tempuh.

Incoming search terms:

Speak Your Mind

*

Current ye@r *