August 2, 2014

Uji Reliabilitas

Uji Reliabilitas - Reliabilitas alat ukur menunjukkan sejauh mana hasil pengukuran dengan alat tersebut dapat dipercaya. Hal ini ditunjukkan oleh taraf keajegan (konsistensi) skor yang diperoleh oleh para subjek yang diukur dengan alat yang sama, atau diukur dengan alat yang setara pada kondisi yang berbeda. Dalam arti yang paling luas reliabilitas alat ukur menunjukkan sejauh mana perbedaan-perbedaan skor perolehan itu mencerminkan perbedaan-perbedaan atribut yang sebenarnya.

Menurut Syaifuddin Azwar (2003:180) reliabilitas diterjemahkan dari kata reliability. Pengukuran yang memiliki reliabilitas yang tinggi maksudnya adalah pengukuran yang dapat menghasilkan data yang reliabel. Ide pokok dalam konsep reliabilitas adalah sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya. Hasil ukur adalah dapat dipercaya apabila dalam beberapa kali pengukuran terhadap kelompok subjek yang sama diperoleh hasil yang relatif sama, kalau aspek yang diukur dalam diri subjek memang belum berubah.

1. Uji Reliabilitas dengan Metode Alpha

Metode Alpha dapat digunakan untuk melakukan estimasi reliabilitas. Teknik untuk mengetahui reliabilitas seluruh tes dengan menggunakan rumus sebagai berikut (Riduwan, 2004):

uji reliabilitas rumus produk moment

 

Hasil dari perhitungan tersebut, suatu variabel dikatakan reliabel jika nilai alpha yang dihasilkan memberikan nilai alpha > 0,60 (Nunnally dalam Ghozali, 2005:42).

 

2.  Uji Reliabilitas dengan Formula Kuder Richardson 20 (KR 20)

 

Penelitian ini menggunakan formula Kuder Richardson 20 (KR 20) untuk menguji reliabilitas instrumen. Adapun bentuk formula tersebut adalah sebagai berikut:

formula Kuder Richardson 20

Skor item yang dihitung koefisien reliabilitas-nya adalah item skor yang dinyatakan valid. Untuk mempercepat perhitungan, digunakan paket program Microsoft Excel. Adapun kriteria koefisien reliabilitas adalah sebagai berikut (Tim Instruktur PKG Matematika SMU, 1999:86):

0,80 < rKR-20 ≤ 1,00     : reliabilitas sangat tinggi

0,60 < rKR-20 ≤ 8,00     : reliabilitas tinggi

0,40 < rKR-20 ≤ 6,00     : reliabilitas sedang

0,20 < rKR-20 ≤ 4,00     : reliabilitas rendah

0,00 < rKR-20 ≤ 2,00     : reliabilitas sangat rendah

Incoming search terms:

Speak Your Mind

*

Current day month ye@r *